Akhirnya telah memasuki setahun penggunaan handphone gue, flash back sedikit awalnya sempet binggung juga mau milih antara motorola fire xt 530 , sony xperia typo, sony xperia miro, sampe merk lokal imo discovery, yaudah gue pantengin (silent reader) thread di kaskus yang ngebahas Tanya jawab, Komparasi, konsultasi sebelum membeli dan tips seputar Android,akhirnya gue nyimpulin beberapa keriteria sebelum beli handphone takutnya beberapa bulan kedepanya nyesel, maklum dunia teknologi makin hari kedepan pasti bermunculan produk murah dengan spesifikasi yang lebih hebat. setelah beberapa lama jadi silent reader di thread kaskus gue dapet garis besarnya gini.

1 : gadget itu, mau loe pake buat apaan aja... (dalam hal ini 80% gue buat connect inet, sisanya buat nge-game, paling sama edit photo ringan)
2 : spesifikasi
2 : komunitas pengguna gadget yang sama
3 : budget (penting banget)
4 : merk (buat yang anti merk, masih banyak orang yang belum percaya pake merk lokal)

yes.. i get point, akhirnya gue putusin pilihan pertama motorola fire xt 530, kedua sony xperia miro, dan dapet di erafone itc cempaka mas harganya pas kaya di web resminya cuma ada tambahan pajak, maklum toko offline beda kalo toko online, akhirnya masih ada sisa uang lumayan buat beli memory, kalo menurut yang sharing di forum lebih baik beli memory yang class 10 soalnya biar cepet buat Read-Write 10x dari memory biasa. sampe di rumah gue cobain dah tu beberapa aplikasi yang di kasih dari erafone lumayan excited (maklum barang baru + first android HH) tapi blom connect internet masih coba bebera game ama nyoba beradaptasi ama UInya.

karena gue udah paham seluk beluk handphone karena keseringan baca di forum, pikiran ama tangan pengen cepet nge-rooting ni HH, karena memory internalny kecil banget, akhirnya putusin buat rooting meskipun belom sebulan pemakaian, dan gue tau konsekuensinya rooting dari ilang garansi dan paling terparah mati total (i am ready for that), gue baca tuh secara rinci cara nge-rooting di forum, ada user yang bisa ada juga yang gagal.

Finally.. as super user now yeahhhh...
yaudah tuh langsung sekalian partisi tuh memory yang baru beli, install link2sd (buat mindahin aplikasi) sama, root exploler. menurut gue android tuh kalo belom di rooting belom android, loe gak bisa explor kelebihannya, loe cuma jadi user end, loe gak bisa oprek dalemannya, kaya lo pake OS linux tapi lo gak tau password root-ny yang tidak lain dan tidak bukan hierarki tertinggi system.

the last, puas banget udah milih ni handphone secara gue udah ngelakuin cara smart buyer (padahal budget ngepasss..) padahal kalo phone to phone sama merek sebelah ini lebih unggul, meskipun exclusive untuk pasar indonesia (kalah marketing) paling enggak ini merk global jadi ya... pengguna di luar indonesia juga banyak, jadi banyak developernya juga.



kondisi 1 tahun penggunaan
  • Charger bertahan 6 bulanan, tapi aksesoris yang lain (kabel data, earpice)  masih bagus (jarang pake)
  • body, layar meskipun gak pake screen guard masih mulus
  • aksesoris susah
  • service center
Photo lainnya kurang lebih sama kaya punya gue

dedicate to my first android phone for first anniversary, And ater all this time i still into you

Note Image By : Kaskus | TeknoUp