Sama halnya dengan memilih komputer pemilihan printer bukanlah suatu hal yang mudah, kita harus mempertimbangkan satu dan lain halnya akan printer yang akan kita beli, mungkin dari segi spesifikasi, fungsionalitas, sampai segi keuangan apakah harga printer tersebut sesuai dengan keinginan dan terlebih sesuai dengan keadaan kantong pada saat ini, berikut beberapa contoh tips pemilihan printer dan sedikit penjelasan :


1.tentukan jenis printer yang akan anda beli. Pada saat ini ada tiga jenis printer yang telah beredar di pasaran yaitu inkjet, laser, multifungsi.

2. printer inkjet, Printer ini murah dan serta citra yang dicetak dengan cara titik-titik tinta yang disemburkan cocok untuk kebutuhan personal/pribadi di rumah, perusahaan kecil dan untuk mencetak teks, walaupun demikian printer inkjet ini juga mampu mencetak grafis dengan kualitas yang tentu saja tidak sebaik printer laser. Printer inkjet tersedia di pasaran dengan harga relatif terjangkau, baik harga printernya sendiri maupun biaya perawatannya sendiri, seperti tinta refil.
3. printer laser, Pencetak ini penulisannya dengan menggunakan sinar laser, sehingga kecepatan kerjanya cukup tinggi, dapat mencapai 10.000 cps, sekaligus dengan resolusi yang cukup halus cocok untuk kantor yang menggunakan jaringan (local area network/LAN) yang cukup besar dan atau kantor yang mengutamakann kecepatan, efisiensi dan kualitas percetakan cukup tinggi. Jenis laser printer ini mampu memproduksi hasil cetakan yang cukup baik untuk teks maupun grafis.

4.printer multifungsi adalah jenis printer yang selain berfungsi untuk mencetak, juga di lengkapi dengan fungsi lain seperti untuk scanning dan fax. Jika di hitung dari segi keuangan membeli printer jenis ini lebih murah dibandingkan kita membeli satu persatu printer, fax, dan juga scanner, tapi perlu di pertimbangkan jika terjadi masalah pada salah satu fungsinya dan sehingga peralata harus di bawa ke tempat service berarti anda tidak dapat menggunakan ketiga fungsi itu pada saat bersamaan.

5.tentukan resolusi printer yang akan anda beli dengan melihat berapa DPI (dot per inch) yang mapu di cetak oleh printer besar DPI menentukan kecepatan dan kehalusan printer dalam melakukan pencetakaan.

6.bandingkan harga printer yang akan anda beli, termasuk pertimbangkan kemudahan-kemudahan lainnya, seperti perawatan, support center, tempat pembelian suku cadang/tinta yang kita pakai dll.